Kesehatan

PENTINGNYA MEDICAL CHECK UP (MCU)

9 Juni 2015   12:56 Diperbarui: 17 Juni 2015   06:09 477 0 0

Kesehatan penting artinya bagi kehidupan setiap orang, karena semua aktivitas kehidupan kita bergantung pada kondisi tubuh yang sehat. Banyak orang akan selalu berusaha agar kondisi kesehatan tubuhnya tetap dalam kondisi optimal dan prima, namun tidak sedikit pula orang yang sama sekali atau bahkan bisa dikatakan kurang menghiraukannya. Kenyataan yang tidak dapat dihindari adalah kesehatan yang dimiliki seseorang saat ini tidak mungkin dapat bertahan selamanya. Gangguan kesehatan dapat timbul karena pola hidup, faktor makanan, pengaruh lingkungan atau karena faktor keluarga (keturunan).

 

Jadi tidak merasa sakit belum tentu sehat, dan mengobati atau mencegah penyakit sebelum menjadi lebih berat akan lebih mudah juga lebih murah. Disinilah manfaat utama dari dilakukannya medical check up, untuk mendeteksi gangguan kesehatan sedini mungkin dan memberikan informasi yang dibutuhkan untuk pengobatan selanjutnya.

 

Jika sebelumnya kita menganggap bahwa memeriksakan kesehatan ke dokter secara teratur adalah aktifitas sia-sia dan membuang biaya, maka pikirkan kembali setelah membaca artikel ini.

Cek kesehatan atau medical checkup merupakan hal yang terdengar sepele namun memiliki berbagai manfaat dan keuntungan jika dilakukan dengan teratur.

 

Berikut adalah 6 alasan kenapa cek kesehatan secara teratur begitu penting seperti yang kami rangkum dari beberapa pakar kesehatan.

1.      Mengurangi biaya medis jangka panjang

Meskipun kita harus mengeluarkan biaya untuk melakukan pemeriksaan, namun biaya yang dikeluarkan sekarang jauh lebih kecil dibanding dengan anggaran yang harus dibayarkan ketika terdapat penyakit berat yang tidak terdeteksi secara dini.

Penyakit tersebut mungkin tidak ditemukan saat ini, namun jika pemeriksaan tersebut tidak kita lakukan maka tidak ada kesempatan untuk merubah dan memperbaiki apa yang salah dalam pola makan atau gaya hidup agar kondisi kita tetap bugar.

2.      Mendeteksi penyakit sejak dini

Beberapa penyakit mungkin tidak menunjukkan gejala apapun di awal perkembangannya, oleh sebab itu hanya pemeriksaan teratur sajalah yang dapat mengetahui potensi bahaya.

Dengan deteksi secara dini, kita bisa menjalankan langkah pengobatan secara cepat dan tepat agar peluang kesembuhan bisa lebih tinggi.

3.      Mendorong kita untuk hidup lebih sehat

Dengan memeriksakan kondisi kesehatan secara teratur, maka akan mendorong kita untuk menjalani hidup lebih sehat. Saat seseorang mengetahui lebih dalam tentang kelemahan dirinya, maka hal pertama yang bisa ia lakukan adalah memagarinya agar tidak diekspos oleh hal-hal buruk.

4.      Memberikan ketenangan

Dengan mengetahui kondisi kita sebenarnya, setidaknya memberikan sedikit rasa tenang. Ini tidak akan kita dapatkan jika kita sendiri tidak tahu apakah kita benar-benar sehat 100% atau ada penyakit berbahaya yang selama ini berkembang dalam tubuh tanpa disadari.

5.      Memiliki data kesehatan

Data kesehatan sangat berguna bagi para dokter untuk menentukan langkah apa yang sebaiknya kita jalankan, dokter dapat dengan mudah mencari dan mengetahui semua hal tidak wajar yang sedang kita alami.

6.      Membandingkan kondisi sekarang dengan sebelumnya

Jika hasil pemeriksaan pada periode sebelumnya lebih baik dibanding hasil pemeriksaan periode saat ini, maka kita dapat dengan mudah mengetahui ada sesuatu yang salah sehingga tingkat kebugaran atau kesehatan kita mengalami penurunan.

 

SKRINING PENYAKIT

Penyakit-penyakit seperti penyakit jantung, paru, diabetes (kencing manis) dan ginjal pada dasarnya dapat dideteksi secara dini, dan bila sudah terdeteksi maka masih banyak cara agar penyakit tersebut tidak timbul atau bahkan tidak menjadi lebih berat.

 

Jadi tidak merasa sakit belum tentu sehat, dan mengobati atau mencegah penyakit sebelum menjadi lebih berat akan lebih mudah juga lebih murah. Disinilah manfaat utama dari dilakukannya medical check up, untuk mendeteksi gangguan kesehatan sedini mungkin dan memberikan informasi yang dibutuhkan untuk pengobatan selanjutnya.

 

Jika sebelumnya kita menganggap bahwa memeriksakan kesehatan ke dokter secara teratur adalah aktifitas sia-sia dan membuang biaya, maka pikirkan kembali setelah membaca artikel ini.

Cek kesehatan atau medical checkup merupakan hal yang terdengar sepele namun memiliki berbagai manfaat dan keuntungan jika dilakukan dengan teratur.

 

 

SKRINING KANKER

Bagi sejumlah besar orang, pentingnya pemeriksaan kesehatan belum disadari sepenuhnya. Seringkali, penderita suatu penyakit baru datang ke rumah sakit setelah merasa bahwa kehidupannya terancam. Pada saat itu, dokter seringkali memberikan vonis bahwa kondisi pasien sudah berada dalam tingkat yang parah. Alhasil, selain biaya pengobatan yang mahal, angka harapan hidup pasien menurun dan jika dapat sembuh sekalipun, kualitas hidup pasien tentu tidak akan pulih seperti semula.

 

Pentingnya melakukan pemeriksaan dan deteksi dini terlihat jelas pada kasus kanker. Seringkali, penyebab terlambatnya penderita mencari pertolongan medis, disebabkan oleh sifat kanker yang tidak menimbulkan gejala pada stadium awal.

Penderita kanker umumnya baru sadar dan datang ke dokter ketika penyakitnya sudah berada dalam stadium lanjut, sedangkan pada tahap tersebut, kanker sukar atau tidak dapat disembuhkan lagi.


Deteksi dini kanker ialah usaha untuk mengidentifikasi/mengenali penyakit atau kelaianan yang secara klinis belum jelas dengan menggunakan tes (uji), pemeriksaan atau prosedur tertentu yang dapat digunakan secara cepat untuk membedakan orang-orang yang kelihatannya sehat, benar-benar sehat dan yang tampak sehat tetapi sesungguhnya menderita kelaianan.

 

Deteksi dini bertujuan untuk mengidentifikasi penyakit pada stadium yang lebih awal atau dengan kata lain menemukan adanya kelainan sejak dini yaitu kanker yang masih dapat disembuhkan untuk mengurangi morbiditas dan mortalitas akibat kanker.

 

Banyak kanker yang timbul dari tumor (benjolan) atau lesi prakanker (perubahan bentuk sebelum terjadinya kanker) yang telah lama ada. Lebih dari 75% kasus kanker terdapat pada organ atau tempat-tempat yang mudah diperiksa sehingga mudah ditemukan dengan pemeriksaan sederhana

Saat ini pengidap kanker di Indonesia mulai mengalami peningkatan tajam. WHO bahkan telah memprediksi pada tahun 1030 akan terjadi peningkatan kasus kanker yang semakin tingii di Indonesia hingga mencapai 7 kali lipat dari kasus yang ada sekarang. Sehingga dengan semakin banyaknya kasus penderita penyakit kanker juga akan meningkatkan kasus meninggal karena kanker.

 

Pada wanita kanker serviks menduduki peringkat nomor 1 di Indonesia saat ini . Sementara itu kanker payudara menempati urutan ke 2 kasus kanker terbanyak di Indonesia (DEPKES RI). Pada pria, kasus kanker terbanyak adalah Kanker Prostat dan diikuti oleh Kanker Kolorektal.

 

Berdasarkan data World Cancer Research Fund International 2008 kanker pada pria yang terbanyak adalah Paru-paru (16,5%), Prostate (13,6%) dan Kolorektal (10%). Sementara pada wanita yang terbanyak adalah Payudara (22,29%), Kolorektal (9,4%) dan Servik (8,8%)

 

 Laporan dari WHO 2008, kasus kanker terbanyak secara umum adalah paru-paru (1.37 juta kematian), usus (736 000 37 juta kematian), liver (695 000 37 juta kematian), kolorektal (608 000 37 juta kematian), payudara (458 000 37 juta kematian), kanker servik (275 000 37 juta kematian)